Visi dan Misi

Visi AMIK Bukittinggi :

“Menjadi Perguruan Tinggi yang bermutu, inovatif dan unggul terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan

Misi AMIK Bukittinggi:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan vokasional yang berkualitas dan unggul untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak mulia yang mampu bersaing dalam pasar global.
  2. Mengembangkan, menciptakan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  3. Meningkatkan peranan perguruan tinggi agar mampu menjadi pembaharu kemampuan, keterampilan, etika profesi dan berakhlak mulia serta mampu menerapkan kemampuan, keterampilan dalam bentuk karya-karya inovasi, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  4. Meningkatkan peran nyata kepada masyarakat melalui penerapan tridarma perguruan tinggi.

Tujuan AMIK Bukittinggi:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bijak, ahli dan terampil dalam bidangnya, berwawasan luas, memiliki sifat kepemimpinan, kesadaran dan tanggung jawab sosial.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang memberi dampak mensejahterakan masyarakat;
  3. Menghasilkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan melalui penyelenggaraan penelitian dan pendidikan tinggi yang berorientasi pendidikan keilmuan dan pengembangan kepribadian.

Sasaran AMIK Bukittinggi:

  1. Mempertahankan kesesuaian aktifitas Program Studi dengan dinamika dunia usaha dan perkembangan teknologi informasi;
  2. 80% mahasiswa AMIK Bukittinggi adalah para siswa lulusan baru (fresh graduate) SMA/MA/SMK disetiap tahun akademik;
  3. Terselenggaranya kegiatan organisasi kemahasiswaan dan alumni yang 100% memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan popularitas AMIK Bukittinggi;
  4. Mempertahankan serapan lulusan 100% oleh masyarakat;
  5. Memiliki jurnal ilmiah terkareditasi di tahun 2023 dan jumlah produk penelitian persemester selalu diatas 5 (lima);
  6. Tahun 2023 pembangunan karakter terdeklarasi dan terlaksana secara lebih terpadu oleh sivitas akademika sebagai bagian dari pembentukan kompetensi lulusan;
  7. Tahun 2023 semua dosen tetap berkualifikasi Sarjana Strata 2 (S2) yang linier dan 90% nya bidang ilmu komputer.
  8. Tahun 2023 memiliki 2 (dua) orang dosen tetap berkualifikasi S3, dengan jabatan fungsional lektor kepala.
  9. Tahun 2023 bekerjasama dengan sebagian besar perusahaan di kota Bukittinggi dan sekitarnya dan menetapkan baku mutu dengan 2 (dua) perguruan tinggi mapan dan besar sesuai kategori yaitu bidang pengelolaan, kurikulum, dan penelitian;
  10. Tahun 2023 memiliki potensi memasuki lingkungan pasar bebas internasional;

Stategi Pencapaian

  1. Pemberdayaan organisasi alumni dengan membangun sistem komunikasi manual maupun elektronik serta pertemuan berkala yang memfasilitasi penyampaian informasi oleh alumni secara rutin sehubungan dinamika dunia usaha dan teknologi terkini.
  2. Meningkatkan koordinasi dan pembinaan organisasi kemahasiswaan agar dapat lebih berperan didalam menunjang popularitas AMIK Bukittinggi di masyarakat dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan bersifat spektakuler dibidang olah raga, ilmiah, dan rekreasi.
  3. Merancang metode baru dan teknik promosi yang lebih elegan, menarik, komunikatif, serta dilaksanakan setiap waktu dan kesempatan.
  4. Meningkatkan pemberdayaan dan kualitas kerjasama dengan semua sekolah di Sumatera Barat dan sekitarnya, baik dalam bidang olahraga, ilmiah, maupun rekreasi.
  5. Membangun mekanisme untuk komunikasi dengan stakeholder secara mudah, murah, dan efisien.
  6. Melaksanakan evaluasi dan/atau revisi kurikulum secara berkala minimal per 2 (dua) tahun dengan mengikutsertakan dosen dan perwakilan stakeholder, serta mempertimbangkan sumbangan pemikiran cerdas dari berbagai pihak yang peduli akan dunia pendidikan komputer.
  7. Melaksanakan standarisasi kompetensi lulusan dengan menerapkan mekanisme kontrol kuallitas lulusan dalam bentuk uji kompetensi membangun program aplikasi komputer.
  8. Menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif yaitu dengan meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk lebih aktif oleh semua dosen atas dasar pemahaman metode yang benar dan standar.
  9. Merumuskan beberapa karakter standar (characters building) Akademi/Institusi dan didiseminasikan untuk menjadi rujukan pelaksanaan proses pembelajaran dan pembangunan karakter oleh dosen.
  10. Menetapkan isi laporan tugas akhir (TA) mahasiswa sebagai hasil penelitian yang aplikatif yaitu menghasilkan sebuah modul program aplikasi komputer yang bisa digunakan pihak perusahaan.
  11. Mewajibkan setiap dosen matakuliah untuk tidak hanya fokus pada pembentukan kemampuan hardskill (kognitif dan/atau psikomotor) tetapi juga melakukan pembinaan dan pembentukan kompetensi softskill dari setiap mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran.
  12. Mewajibkan setiap dosen matakuliah untuk memasukan unsur kompetensi softskill dalam penetapan nilai akhir mahasiswa oleh para dosen.
  13. Melakukan baku mutu (benchmarking) dengan beberapa perguruan tinggi yang dipilih dan ditetapkan secara musyawarah dan dari hasil pemantauan langsung.
  14. Meningkatkan kegiatan mendatangkan pakar baik akademisi maupun pelaku bisnis
  15. Mewajibkan setiap dosen melakukan minimal 1 (satu) penelitian secara mandiri maupun bersama pada setiap tahun.
  16. Menetapkan anggaran ketersediaan dana penelitian dan menyampaikannya secara transparan kepada para dosen persemester sebagai motivasi.
  17. Mengadakan pertemuan-pertemuan khusus yang dihadiri dosen dan para pemangku kepentingan dalam rangka menelaah dan mendiskusikan setiap diterbitkannya peraturan  pemerintah yang baru.
  18. Menjadikan ajang pertemuan berkala dan rapat-rapat sebagai media mempererat silaturahim dan penyelesaian konflik antar personal.
  19. Mendiseminasi dan mendokumentasi semua kebijakan Direktur .
  20. Meningkatkan pengadaan dan pengelolaan sarana maupun prasarana secara efektif dan efisien
  21. Meningkatkan profesionalisme dan frekuensi kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  22. Mempromosikan semua kegiatan dan hasil-hasil dari setiap poin di atas yang dimulai dari lingkungan masyarakat terdekat dengan melibatkan banyak pihak, dalam bentuk banner, penyampaian lisan, melalui website, dan media lainnya, baik secara parsial maupun keseluruhan bersamaan.

Visi Program Studi Manajemen Informatika :

Menjadi Program Studi Manajemen Informatika yang unggul dalam bidang pemrograman komputer dan mobile ditingkat Nasional tahun 2030

Misi Program Studi Manajemen Informatika:

Untuk mewujudkan Visi Program Studi di atas, maka Program Studi Manajemen Informatika juga memiliki misi yang merupakan penjabaran dari Visi Program Studi di atas. Misi Program Studi Manajemen Informatika adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Manajemen Informatika yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak mulia yang mampu bersaing dalam pasar global
  2. Menyelenggarakan Penelitian yang berkualitas dalam bidang Manajemen Informatika yang diakui secara nasional
  3. Menyelenggarakan Pengabdian dan Masyarakat dalam bidang Manajemen Informatika yang bermanfaat bagi masyarakat
  4. Mengembangkan Sumber daya Manusia profesional yang memiliki keahlian dalam bidang pemrograman komputer dan mobile, etika profesi dan berakhlak mulia serta mampu menerapkan keahliannya dalam bentuk karya-karya inovasi sesuai kebutuhan masyarakat

Tujuan Program Studi Manajemen Informatika :

  1. Menyelenggarakan pendidikan diploma D3 dibidang Manajemen Informatika yang Berkualitas dan Unggul
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia yang mampu bersaing di pasar global
  3. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang Pemrograman dan Mobile
  4. Menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk jurnal di tingkat lokal maupun Nasional
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Pengabdian Kepada Masyarakat
  6. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam penerapan Teknologi Informasi dibidang Manajemen Informatika
  7. Pemanfaatan dan penerapan Teknologi Informasi dalam bidang komputer agar terciptanya karya-karya inovasi sesuai kebutuhan masyarakat

Sasaran Program studi Manajemen Informatika :

Terciptanya lingkungan akademik dalam bentuk program studi yang memiliki staf pendidik berkompeten dengan sarana dan prasarana lengkap sehingga mampu menghasilkan tenaga-tenaga professional bidang komputer yang berkarakter, berjiwa kewirausahaan, dan mampu mengadaptasi perkembangan teknologi, serta memiliki sikap belajar tanpa henti.

Strategi Pencapaian:

  1. Melakukan evaluasi dan revisi kurikulum secara berkelanjutan untuk menjaga relevansi dengan dunia kerja.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan kompetensi dan kualitas staf pendidikan dan tenaga kependidikan melalui sekolah, pelatihan, workshop maupun seminar.
  4. Menciptakan budaya meneliti sivitas akademika dengan cara mewajibkan pembuatan skripsi bagi mahasiswa yang akan lulus, menerbitkan jurnal kampus, mendorong untuk mendapatkan hibah penelitian, maupun melakukan penelitian menjadi syarat mutlak para staf pendidik yang direkrut.
  5. Menyeimbangkan kegiatan ekstrakurikuler bagi mahasiswa untuk menunjang peningkatan kompetensi mahasiswa.
  6. Membudayakan sistem tutorial oleh senior terhadap yuniornya

Tata Nilai AMIK Bukittinggi

Character Building yang ditetapkan oleh AMIK Bukittinggi adalah sebagai berikut yang disingkat “KITAMAJU”.

  • Kreatif, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa berimajinasi secara cerdas sehingga memiliki daya cipta serta kemampuan untuk menciptakan selama dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Kreatif”.
  • Inisiatif, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa selalu menjadi pemrakarsa atau memprakarsai kegiatan positif selama dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Inisiatif”.
  • Tangguh, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa memiliki pendirian yang kuat berlandaskan pengetahuan yang diterimanya, andal, tabah, kukuh dalam berargumentasi, berdiskusi, menyelesaikan Tugas Akhir dalam kurun waktu terbatas selama dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Tangguh”.
  • Mandiri, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa selalu dapat berdiri sendiri tidak bergantung pada orang lain selama dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Mandiri”.
  • Antusias, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa untuk selalu bersemangat, memiliki rasa ingin tahu dan bergairah memahami sesuatu selama dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Antusias”.
  • Jujur, dengan kepiawaian dosen memfasilitasi dan melatih mahasiswa untuk selalu lurus hati, tidak berbohong, curang, mau mengikuti aturan dengan tulus dan ikhlas dalam perkuliahan, maka mahasiswa dan lulusan akan memiliki karakter “Jujur”.