Kemahasiswaan

Mahasiswa dalam eksistensinya di kampus, tidak hanya menjalankan kegiatan kurikuler yang merupakan kegiatan akademik tetapi juga perlu melakukan pengembangan diri dalam rangka mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin yang kritis, kreatif, terampil, dinamis, berdedikasi serta religius melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kemahasiswaan yang meliputi: penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, upaya perbaikan kesejahteraan mahasiswa dan bakti sosial bagi masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut maka AMIK Boekittinggi sangat mendukung dibentuknya suatu lembaga kemahasiswaan yang eksistensinya diatur melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155 /U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahsiswaan di Perguruan Tinggi.

Lembaga kemahasiswaan merupakan kelengkapan nonstruktural di AMIK Boekittinggi yang berfungsi sebagai sarana dan wadah perwakilan mahasiswa tingkat perguruan tinggi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menetapkan garis-garis besar program dan kegiatan kemahasiswaan.

  1. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan
  2. Komunikasi antar mahasiswa
  3. Pengembangan potensi jati diri mahasiswa sebagai insan akademis, calon ilmuwan dan intelektual yang berguna di masa depan
  4. Pengembangan pelatihan keterampilan organisasi, manajemen dan kepemimpinan mahasiswa
  5. Pembinaan dan pengembangan kader-kader bangsa yang berpotensi dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan nasional
  6. Untuk memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma agama, akademis, etika, moral, dan wawasan kebangsaan

Program pengembangan mahasiswa AMIK Boekittinggi terdiri dari : 

  1. Bina Orientasi Studi Mahasiswa Baru atau Wawasan Almamater, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan mengenalkan mahasiswa baru kepada AMIK Boekittinggi dan aktivitas-aktivitas yang dijalankan
  2. Penalaran dan keilmuan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah, pemahaman profesi dan kerjasama mahasiswa dalam tim.
  3. Bakat, minat dan kemampuan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manajemen praktis, berorganisasi, menumbuhkan apresiasi terhadap olah raga dan seni, bela negara, cinta alam, jurnalistik dan bakti sosial.
  4. Kesejahteraan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental dan kerohanian mahasiswa.
  5. Kepedulian sosial. Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, menumbuhkan kecintaan pada tanah air dan lingkungan, kesadaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermartabat.