Sejarah AMIK Boekittinggi

Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Bukittinggi berdiri tahun 2001, yang didirikan dan dibina oleh Yayasan Pengembangan Ilmu dan Teknologi (YPIT), yang didirikan dengan Akta Notaris Djannur Manalu, SH, Nomor 1, tanggal 3 Juni 2000,  yang bernama Yayasan Pengembangan Ilmu dan Teknologi (YPIT) Bukittinggi.

Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Bukittinggi menyelenggarakan 1 (satu) program studi jenjang Diploma Tiga (D3) yakni Program Studi Manajemen Informatika. Perijinan Program-program studi disajikan sebagai berikut:

AMIK Bukittinggi pertama kalinya berkampus di Jalan Sudirman Nomor 24 Bukittinggi, kemudian pindah ke Jl. Birugo Bungo No. 137.A kota Bukittinggi dan sekarang sudah menempati gedung baru milik sendiri yang repsentatif, yang disebut dengan “Kampus Ungu” yang lokasi kampusnya di Jl. By Pass Simpang Taluak Bukittinggi propinsi Sumatera Barat. Perguruan Tinggi ini didirikan pada tahun 2001 dan pada saat itu sampai sekarang merupakan satu-satunya Akademi dibidang Komputer, baik di Bukittinggi maupun di Sumatera Barat bagian Utara.

Pendirian Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Bukittinggi dimaksudkan untuk menyediakan fasiltas pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam dan menambah kemampuan mereka di bidang komputer. Peluang kerja bagi lulusan pendidikan dengan Program Studi Manajemen Informatika ini sangat luas, karena hampir setiap badan usaha/instansi, baik pemerintah maupun swasta memerlukan tenaga kerja dengan keahlian komputer.

Ketertarikan Yayasan Pengembagan Ilmu & Teknologi (YPIT) Bukittinggi membuka Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Bukittinggi, disebabkan adanya tuntutan dari dunia usaha, yaitu tersediannya tenaga yang mampu menggunakan dan mengoperasikan komputer, termasuk memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer. Selain itu Yayasan Pengembangan Ilmu & Teknologi (YPIT) Bukittinggi juga bermaksud untuk memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah untuk ikut serta berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa dan menyediakan sarana pendidikan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan pemerintah dalam menangani masalah pendidikan. Pada tahun 2023 lulusan program studi manajemen informatika AMIK Bukittinggi sudah mencapai 2062 yang tersebar dalam berbagai bidang baik swasta maupun pegawai negeri sipil. Animo masyarakat terhadap program studi manajemen informatika AMIK Bukittinggi terus ada mengingat perkembangan zaman selalu beriringan dengan perkembangan dan kebutuhan teknologi sehingga masyarakat merasa butuh akan perguruan tinggi yang konsentrasi pada bidang teknologi informasi khususnya jurusan manajemen informatika.